National News
Fix! LRT Jabodebek Tembus Bogor, Konstruksi Dimulai 2026. Siap-siap Ucapin Selamat Tinggal Macet!

Pemerintah resmi kasih lampu hijau buat perpanjangan rute LRT Jabodebek sampai ke Bogor. Proyek ambisius ini rencananya mulai digarap tahun depan, jadi solusi buat para pejuang komuter.
JAKARTA | Good news buat kalian, warga Bogor dan sekitarnya! Mimpi naik kereta modern anti-macet dari Bogor langsung ke jantung Jakarta bakal segera jadi kenyataan. Pemerintah baru aja ngumumin rencana buat memperpanjang rute LRT Jabodebek dari Harjamukti sampai ke Bogor. Yang paling ditunggu-tunggu, pembangunannya bakal dimulai tahun depan, guys!
Proyek ini bukan sekadar wacana. Tujuannya jelas banget: bikin konektivitas antara kota penyangga kayak Bogor dengan Jakarta makin seamless dan tentunya, ngurangin horor kemacetan yang udah jadi makanan sehari-hari. Literally a game-changer buat para commuter yang setiap hari harus berjibaku di jalanan.
Diguyur Dana Triliunan, Proyek Serius Nih!
Biar lo semua makin yakin, rencana perpanjangan LRT Jabodebek Bogor ini didukung penuh sama pemerintah. Gak main-main, dalam dokumen resmi Nota Keuangan II Tahun Anggaran 2026, pemerintah udah siap ngasih jaminan pinjaman senilai Rp 23,42 triliun. Angka yang fantastis ini nunjukkin keseriusan buat mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi publik yang modern dan terintegrasi.

Dalam dokumen itu disebutin, “Dalam rangka percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan (Light Rail Transit/LRT) Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi… pemerintah telah menerbitkan satu surat Jaminan Pemerintah atas fasilitas pinjaman senilai Rp 23,42 triliun.”
Terus, Duitnya Aman Gak?
Pasti ada yang nanya, “Proyek gede gini, risikonya gimana?” Well, pemerintah juga udah mikirin itu. Ada yang namanya risiko fiskal, intinya what if PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai operatornya, telat bayar cicilan utangnya ke para pemberi pinjaman. Kalau itu terjadi, pemerintah yang bakal turun tangan buat nanggung pembayarannya.
Tapi, calm down, guys. Sejauh ini, kondisi keuangan KAI masih aman terkendali. Laporan resmi menyebutkan kalau KAI punya rekam jejak yang bagus.
“Sejak beroperasi pada Agustus 2023 hingga Semester I tahun 2025, PT ΚΑΙ telah memenuhi seluruh kewajiban keuangan kepada sindikasi kreditur,” tulis laporan tersebut.
Bahkan, tingkat risiko gagal bayar (default) KAI di tahun 2025 ini masuk kategori “sangat rendah”. Kenapa? Karena KAI punya dana cadangan (bridging loan) buat nutupin kalau ada selisih antara pendapatan tiket LRT dengan dana subsidi dari pemerintah. Jadi, cicilan utang tetap lancar jaya.
LRT Jabodebek Emang Laku Keras!
Buktinya apa kalau LRT ini menjanjikan? Lihat aja datanya. Selama semester pertama tahun 2025 aja, LRT Jabodebek udah ngangkut 13.040.403 penumpang. Rata-rata per harinya ada sekitar 61.511 orang yang wara-wiri pakai LRT. Dari situ, pendapatan yang dikantongin mencapai Rp 159,5 miliar. Angka ini nunjukkin kalau antusiasme publik buat pakai transportasi modern ini tinggi banget.
So, get ready, Bogor! Era baru ngantor ke Jakarta atau hangout ke pusat kota tanpa drama macet bakal segera dimulai. Proyek perpanjangan LRT Jabodebek Bogor ini adalah jawaban buat mobilitas yang lebih efisien dan nyaman. Gimana menurut lo, udah siap menyambut LRT di kota hujan?
source cnbcindonesia
BNPB umumkan update terbaru soal bencana banjir dan longsor di Aceh, Sumut, dan Sumbar. Jumlah korban...
BNPB pastikan jaringan listrik di Sumatra Barat (Sumbar) udah pulih 100 persen per Jumat (5/12/2025). Tapi,...
Anggota DPR Rahmat Saleh menyinggung dua menteri Filipina yang mundur karena gagal tangani banjir. Ia menilai,...
Presiden Prabowo Subianto minta seluruh jajaran pemerintah, TNI, dan lembaga terkait menjadikan penanganan banjir dan longsor...
BNPB akhirnya koreksi data korban banjir dan longsor di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat. Jumlah...
