Entertainment

Woi DC, Superman Butuh Game Selevel Batman: Arkham, Sekarang Juga!

Published on

Custom Image by Katarina Cimbaljevic

Gini lho, kita semua setuju kan? Ngomongin game superhero, pasti yang langsung kepikiran itu seri Batman: Arkham. Gila, game ini tuh udah kayak standar emas, patokan paling oke buat game adaptasi superhero, dan itu bukan tanpa alesan, bro. Sejak Arkham Asylum rilis, Rocksteady sukses bikin kita beneran ngerasa jadi Batman. Gameplay-nya satisfying banget, ceritanya setia sama komik, pokoknya perfect combo.

Lo bisa ngerasain jadi detektif handal, berantem brutal, mainin gadget-gadget canggih bentuk kelelawar, interaksi sama Bat-family, ngebut pake Batmobile, sampe bikin para penjahat di Gotham ciut nyalinya. Mau debat game mana yang terbaik di triloginya, itu soal selera. Tapi yang pasti, seri Arkham udah netapin standar yang tinggi banget.

Sayangnya, standar setinggi ini jarang banget bisa dicapai lagi, bahkan sama developernya sendiri. Liat aja proyek Suicide Squad: Kill the Justice League yang ancur banget gara-gara campur tangan studio. Emang sih, ada contoh sukses kayak game Spider-Man dari Insomniac yang berhasil ngasih “Arkham treatment” ke superhero lain. Tapi bahkan di Marvel, nggak semua dapet perlakuan istimewa. Game The Avengers jadi bukti nyata kalau bikin game superhero yang bagus itu emang susah.

Nah, kalau ada satu superhero DC yang paling pantes, yang literally butuh banget dapet game sekeren Batman: Arkham, itu udah pasti Superman. Fix no debate.

Superman Deserves a Great Game, Apalagi DCU Baru Mau Mulai!

Jujur aja, kasian banget liat Superman. Dia ini ikon, sohibnya Batman, tapi nasibnya di dunia game itu B aja. Belum pernah ada game Superman yang bener-bener memorable dan dibuat dengan budget serta dedikasi selevel seri Arkham. Game paling mending yang ada dianya mungkin seri Injustice, tapi di situ kan dia jadi tiran, bukan Superman yang kita kenal dan sayang.

Come on, ini Superman lho. Masa karakter segede dia nggak punya game solo yang keren? Apalagi sekarang Insomniac lagi sibuk garap proyek Wolverine. DC harus gerak cepat biar nggak makin ketinggalan.

Momennya tuh pas banget sekarang. James Gunn lagi ngereset ulang semuanya dan bakal ngebuka DC Universe (DCU) baru lewat film Superman. Ini kesempatan emas buat Warner Bros. buat manfaatin hype-nya. Coba bayangin, mereka tinggal guyur duit segede gaban ke developer kayak Rocksteady, kasih mereka waktu, dan janji nggak bakal ikut campur. Biarin para ahlinya ini ngasih “Arkham treatment” yang layak buat Man of Steel.

Meskipun butuh waktu bertahun-tahun buat bikinnya, game series Superman yang tumbuh bareng sama universe filmnya bakal jadi kombinasi maut. Tapi, emang ada beberapa masalah klasik yang bikin game Superman dari dulu selalu gagal.

Kenapa Sih Bikin Game Superman Susah Banget?

Tantangan terbesarnya jelas: gimana caranya bikin game yang seimbang buat karakter yang basically kebal sama semua hal? Ini bukan karena nggak mungkin, tapi emang lebih susah dari Batman. Bagian penting dari karakter Superman itu kan pengendalian dirinya. Dia harus nahan diri biar nggak ngehancurin semua lawannya yang lebih lemah. Nah, nerjemahin konsep ini ke gameplay itu PR banget.

Ada kutipan keren dari serial Justice League pas Superman ngasih pidato ‘World of Cardboard’-nya ke Darkseid. Intinya, Superman hidup di dunia yang serba rapuh buat dia, jadi aturannya beda. Konsep ini kalau nggak digarap dengan hati-hati, ya jadinya ambyar di video game. Apalagi kebanyakan game Superman yang udah ada cuma game tie-in dari film atau serial TV yang dibuat seadanya.

Hal pertama yang harus bener itu sistem terbang dan kecepatan supernya. Harus kerasa powerful dan asik dikendaliin, bukan malah ngebosenin kayak di game-game sebelumnya yang gerakannya kaku. Ini fondasi utamanya. Setelah itu, baru mikirin gimana caranya Superman bisa dibikin kalah atau setidaknya tertantang.

Nemesis System & Metropolis: Jawaban Buat Game Superman Impian

Biar seru, Superman butuh musuh yang sepadan. Metropolis, kotanya Superman, harus dibangun dengan detail dan kehidupan selevel Gotham-nya Rocksteady. Jangan cuma jadi kota pajangan. Dan ini kesempatan sempurna buat Warner Bros. buat “ngebangkitin dari kubur” salah satu fitur game terbaik mereka: Nemesis System.

Ingat Nemesis System di game Middle-earth: Shadow of Mordor? Coba bayangin sistem itu diterapin di game Superman. Misalnya, Lex Luthor nyiptain pasukan robot pembunuh Superman. Setiap robot punya kelemahan spesifik terhadap elemen Kryptonian, tapi setiap kali kita berhasil ngalahin satu, robot berikutnya bakal belajar dan jadi kebal sama cara yang kita pake sebelumnya. Gila, kan? Ini bakal bikin setiap pertarungan jadi teka-teki strategis yang unik.

Nemesis System bakal jadi solusi elegan buat masalah “karakter OP” tadi. Hampir semua gamer yang tahu sistem ini pengen banget fitur ini balik lagi. Udah saatnya superhero lain selain Batman yang dapet sorotan di dunia game.

Sekarang ini eranya Superman. Momennya pas, teknologinya ada. Ini tantangan besar, tapi tantangan besar sering kali ngeluarin kemampuan terbaik dari para developer. So, please, Warner Bros. and DC, make it happen! Kasih Man of Steel game yang selama ini jadi impian para fans.

source screenrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version