Lifestyle

Pesawat Supersonic Comeback?

Published on

Boom berharap Overture akan menjadi pesawat penumpang komersial supersonik pertama sejak Concorde. (photo: Boom Supersonik)

JAKARTA | Amerika Mau Balik Ngebut di Langit, Tapi…

Guys, langit Amerika kayaknya bakal rame lagi nih sama suara pesawat jet yang kecepatannya gila-gilaan. Yes, supersonic jet might be back! Tapi sebelum lo ngimpi bisa PP New York-Jakarta dalam setengah waktu, masih ada banyak banget yang perlu diberesin.

Dulu Dilarang, Sekarang Mau Dibolehin?

Lo inget pesawat Concorde? Itu loh, jet supersonic yang udah pensiun dari 2003. Dulu dia nggak boleh terbang ngebut di atas daratan AS karena dianggap berisik banget—sonic boom-nya bisa bikin kaca rumah retak. Tapi sekarang, ada wacana serius nih dari Senat sama DPR-nya sana buat ngelolosin aturan baru. Kalau ini jadi, jet-jet baru nanti bisa terbang ngebut tanpa harus lewat jalur laut doang. Cool, right?

Jet Baru Lagi Disiapin

Ada beberapa jet supersonic yang lagi dikembangin. NASA misalnya, mereka punya X-59 yang katanya bakal uji terbang 2025. Suaranya? Katanya sih bukan boom, tapi cuma thump. Gak ganggu-ganggu amat.

Terus ada juga Boom Supersonic, startup dari Colorado yang develop pesawat Overture. Ini beneran ambi banget. Mereka bilang udah punya demo jet, XB-1, yang udah nembus kecepatan suara dua kali tanpa bikin dentuman. Boomless cruise katanya. Keren sih, kalo bener.

Target: 2029, Pesawatnya Udah Bisa Jalan

Boom bilang mereka bakal mulai bikin mesin prototipe tahun ini juga. Kalau semuanya lancar (aminin dulu), Overture bisa diserahin ke maskapai kayak American Airlines, Japan Airlines (JAL), sama United Airlines di akhir dekade ini. Jadi lo bisa bayangin kerja di LA, terus jam 7 malam cabut ke New York, nyampe sebelum tengah malam. Time traveler vibes, gitu.

Bisa Hemat Waktu, Tapi…

Overture bakal punya kecepatan cruising di Mach 1.7, alias dua kali lipat dari pesawat biasa. Trans-Amerika bisa dipotong waktunya setengah. Isinya bisa bawa 80 penumpang dan seat-nya fancy banget, kayak business class sekarang.

Overture akan memiliki kapasitas untuk 80 penumpang. (photo: Boom Supersonik)

Tapi, rutenya nggak sejauh itu. Maksimal cuma 4.888 mil. Cukup sih buat Amerika ke Eropa, tapi kalo ke Asia? Harus transit. Belum lagi, order dari maskapai-maskapai gede itu belum pasti juga. Semua masih dalam tahap janji manis.

Uang, Bro — Selalu Soal Uang

Boom klaim harga tiketnya bakal affordable buat kelas business. Tapi tetep, biaya operasionalnya gokil. Konsumsi bahan bakar Overture bisa 2 sampai 7 kali lipat dari pesawat biasa. Bayangin fuel burn segitu.

Boom mengatakan bahwa pesawatnya kemungkinan hanya akan mengangkut penumpang kelas bisnis. (photo: Boom Supersonik)

Peneliti dari Worms University di Jerman bilang tiketnya harus naik 38% dari harga business class New York–London biar balik modal. Jadi mungkin lo harus bayar sekitar $4.800 sekali jalan. Worth it? Tergantung isi dompet dan tingkat FOMO lo sih.

Masalah Gak Cuma Duit

Digital life sekarang udah beda dari zaman Concorde. Meeting bisa lewat Zoom, email dibalas dari HP, kerja dari pesawat pun udah bisa. Jadi urgensi buat ngebut-ngebut? Makin dipertanyakan.

Terus, biayanya? Boom butuh sekitar $12–15 miliar buat bikin Overture jalan, tapi sekarang baru ngumpulin $800 juta. CEO Boom sih bilang, bisa ditekan jadi di bawah $2 miliar karena mereka integrasi semuanya sendiri. Tapi tetep aja, that’s a huge gap.

Boom mengatakan bahwa Overture akan memiliki kecepatan jelajah Mach 1,7(photo: Boom Supersonik)

Belum lagi sertifikasi dari FAA yang makin ketat sejak kasus Boeing 737 MAX. Boom target uji terbang cuma setahun. Buat perbandingan, Airbus A350 aja butuh 18 bulan buat dapet izin.

Bisa Jadi, Tapi Belum Tentu

Scholl, CEO Boom, tetep optimis. Dia bilang ini kayak Tesla Model S, belum buat semua orang, tapi market-nya ada. Dia yakin teknologi udah siap, pasar udah ada, dan peraturan baru bakal segera nyusul. Tapi ya, tetap realistis: peluang gagalnya lebih gede dari suksesnya.

“Nggak ada jaminan kita bakal sukses. Tapi ini possible. Kita tinggal eksekusi,” kata dia ke CNN.

So, What’s Next?

Kalau semua jalan sesuai rencana, lo bisa ngelakuin full-day meeting di San Francisco, lalu terbang supersonic dan nyampe New York sebelum tengah malam. Tapi kalo enggak? Ya… jet ini bakal jadi mimpi mahal yang gagal lepas landas.

source cnn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version